THE JOBS files one



Kalo diingat-ingat saya terakhir kali mencoba merajut asa ditempat ini kira-kira tahun 2003,hmm..berarti kejadiannya sudah hampir enam tahun yg lalu..kalo anak masuk sekolah brati sudah lulus SD.Dan berarti itu saat-saat dimana saya masih imut-imut,dan pastinya belum setambun sekarang.

Tapi tempat itu masih seramai seperti dulu,bahkan adik saya ikut-ikutan merajut asa disana,yah..sebagai kakak yg blm bs dijadikan role models..krna keterbatasan saya ,disana dan disini saya hanya mendoakannya supaya ia dapat menggapai asa menjadi nyata,amien.dan selebihnya biarlah Allah yg berkenan menjawabnya.

Banyak pemikiran yg berterbangan di benak saya.
saya heran peminatnya kok dr hari ke hari makin banyak,alasan apa yg mengantarkan mereka dgn susah payah dr penjuru nusantara,kalo sy bertanya pd diri sendiri ,jawaban saya waktu itu,begini:kalo saya bekerja disini saya pasti akan pny bnyk uang,jd sy bs bli apapun,trus bs buat orangtua saya bangga pd anaknya ini..dan bla..bla
Dan ketika sy tnykan ke adik saya ternyata jg sma..sy curiga ini pasti karna unsur genetik yg rada mirip.trus sy iseng-iseng jg bertanya ke yg lain..yap!jawaban nya mayoritas serupa.

Satu hal yg membuat saya rada sensi,memang benar atau cb diluruskan.menjadi pegawai dg gaji besar dan kerja yg ringan mungkinkah menjadi prioritas pemuda dan pemudi masa kini.meski sbnarnya potensi terbaik mereka mungkin bukan disitu?singkatnya begini ..apakah benar bila kt sdh mendapat salary yg besar berarti kita tdk perlu menggerakan potensi kita..oh,mungkin masih belum singkat.
Uang adalah segalanya?sepakat?

Kebetulan td pagi sy ke toilet di sebuah SPBU,Dan hasilnya begini saya sdh memberi mlh sy yg harus bayar..he..he..

saya jadi ingat suasana didepan kantor saya kalau siang hari.mendadak teras depan kantor berubah jadi hotel dadakan plus hiburan instrumental.pokoknya penampilannya bikin ngiri bin dengki.
Apa pasal ? di siang hari yg panas para calo dan para penunggu angkot bisa-bisanya tidur dengan nyenyaknya tanpa tikar di depan kantor plus topi menutupi muka(mungkin biar gak kliatan klo tidurnya ngiler plus melongo)sudah itu diiringi suara seruling ..yg bunyinya gak kalah sama Dave koz atau Kenny G,gokil abis..suaranya sungguh ky orang tanpa beban sedikitpun,klo ada penilaian pk angka saya beri 8,5 .Jam-jam segitu jam saya lagi sibuk-sibuknya ngebales puluhan email(murni kerjaan lho bukan email fb,lho),ngeprint ratusan dokumen.telpon yang bolak-balik berdering minta diangkat ,belum lagi diomel boz buat santapan makan siang.Ini kisah nyata lho gak dibuat-buat,datang saja ke kantor saya jam orang pada tidur siang ,sekalian sambil liat-liat motor,kalo cocok boleh dibawa pulang.(he..he..dasar otak dagang)

Eits,ternyata pemikiran saya yg menganggap mereka pada bahagia, Terbukti salah besar.jawaban mereka ringkasnya seperti ini.Memang seh,kalo lagi tidur saya bisa tidur pules..begitu jg klo lagi main suling..ilang semua pikiran,rasanya merdeka tapi abis bangun dan slesai main suling kepala ini pusing lagi mikirin anak istri besok makan apa?
Lah ,Enakan mas(saya maksudnya)ngantor gak kepanasan tinggal duduk manis di komputer(sejak kpn ya komputer didudukin?)
ruangannya dingin,naik mobil bagus,motor gonta-ganti(yah pada gak tau ni kan milik kantor).Terus pake celana(nah yg terakhir ini yg bikin saya melongo..memang mereka gak pake celana.pas sy perhatiin semua lengkap kok,selidik punya selidik maksudnya saya pake seragam)

Akhirnya kedengkian plus keiri hatian saya sirna. Seketika saya mendadak lemas.Saya sadar kebahagiaan setiap orang berbeda-beda,yang saya coba untuk menyadari hakikat kebahagiaan bukan sekedar materi yang melekat di diri,tetapi kesadaran untuk membagi kebahagiaan pada sesama.Dan bukan materi yang utama yang harus dikejar tetapi menjadi insan yang berguna dan bermanfaat jauh membahagiakan.

Purbalingga,29 agustus 2009
Saat sedang terkapar tak berdaya kehabisan energi
mengejar sesuatu yang bukan hakiki
kita menjadi lebih tua dan bungkuk tapi itu bukan berarti kita menjadi terkalahkan.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.